Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/semester : XI/2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Materi :
Hidrolisis Garam
A. Standar Kompetensi :
Memahami
sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.
B. Kompetensi Dasar :
Menentukan
jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
C. Indikator :
1.
Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat
terhidrolisis dalam air melalui percobaan.
2.
Menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari
persamaan reaksi ionisaasi.
3.
Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis.
D. Tujuan Pembelajaran :
1.
Mengetahui ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat
terhidrolisis dalam air.
2.
Mengetahui sifat garam yang terhidrolisis dari
persamaan reaksi ionisaasi.
3.
Dapat menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis.
E. Sumber/ media :
1.
Hand out materi hidrolisis garam.
2.
LKS
F. Model Pembelajaran :
STAD
G. Penilaian :
1.
Keaktifan siswa.
2.
Mengerjakan LKS
dan kuis.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
·
Memberi salam
dan menanyakan kabar siswa.
·
Meminta siswa
untuk duduk dalam kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
·
Menyampaikan
materi yang akan dipelajari yaitu hidrolisis garam.
·
Menggali
pengetahuan awal siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang asam, basa, dan
garam yaitu :
·
Menyampaikan
indikator pencapaian belajar.
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran.
·
Menyampaikan
metode pembelajaran yang dipakai adalah STAD.
·
Menjelaskan
tentang sistem penilaian yang digunakan.
|
· Menjawab salam.
· Siswa duduk dalam kelompoknya.
· Siswa mendengarkan.
· Siswa menjawab pertanyaan guru.
· Siswa mendengarkan penjelasan guru.
|
5 menit
10 menit
5 menit
|
Kegiatan Inti
·
Guru membagikan
hand out dan LKS kepada masing-masing kelompok.
·
Guru meminta
siswa mendiskusikan hand out dan mengerjakan LKS.
·
Guru meminta
salah satu perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya.
·
Guru meminta
kelompok lain untuk menanggapi.
·
Guru
mengarahkan dan membimbing siswa untuk mendiskusikan materi yang dipelajari
dalam diskusi kelas.
·
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum jelas.
·
Guru memberikan
kuis.
·
Guru memberikan
penghargaan individu dan kelompok untuk siswa dan kelompok yang mendapatkan
skor tertinggi.
|
· Siswa menerima hand out dan LKS.
· Siswa berdiskusi.
· Siswa mempresetasikan hasil diskusi kelompoknya.
· Kelompok yang lain menanggapi.
· Siswa berdiskusi.
· Siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
· Mengerjakan soal.
|
20 menit
15 menit
10 menit
5 menit
10 menit
|
Penutup
·
Guru
mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan.
·
Guru memberi
penguatan atas kesimpulan yang dibuat oleh siswa.
·
Guru menutup
kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam.
|
· Siswa membuat kesimpulan.
· Siswa mendengarkan.
· Siswa menjawab salam.
|
10 menit
|
I. Lampiran
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.
Tulislah persamaan reaksi hidrolisis untuk larutan
berikut !
a)
CH3COOK
b)
NH4Br
c)
K2CO3
d)
FeSO4
e)
Al(NO3)3
f)
CH3COONH4
2.
Tentukan apakah garam-garam berikut mengalami
hidrolisis parsial, hidrolisis total, atau tidak terhidrolisis !
a)
Na3PO4
b)
MgSO4
c)
HCOONa
d)
NH4I
e)
NH4CN
f)
KNO3
3.
Tentukan apakah garam-garam berikut bersifat asam,
basa, atau netral ! Jelaskan mengapa ?
a)
FeSO4
b)
Na2SO3
c)
(CH3COO)2Mg
d)
Zn(NO3)2
e)
CaCl2
f)
NH4Cl
4.
Tentukan tetapan hidrolisis garam-garam berikut !
a)
NaF
b)
NH4Br
c)
CH3COOK
d)
CH3COONH4
e)
NH4F
f)
NH4Cl
(diketahui Ka
HF = 10-4; Ka CH3COOH = 10-5; Kb
NH3(aq) = 10-5 )
5.
Tentukan pH dari :
a)
100 mL larutan Na2S 0,1 M; (Ka H2S
= 10-7 );
b)
10,7 g NH4Cl yang dilarutkan ke dalam 500 mL
air (Kb NH3(aq) = 10-5)
6.
Tentukan pH dari :
a)
Larutan (NH4)2SO4 0,1
M; (Kb NH3 = 10-5 )
b)
500 mL larutan Ba(CN)2 0,02 M; (ka
HCN = 10-10 )
7. Tentukan
pH dari :
a)
100 mL larutan K3AsO3 0,1 M yang
diencerkan sampai volumenya 1.000 mL (Ka H3AsO3
=10-10 )
b)
Larutan HCOONH3 0,5 M! ( Ka HCOOH
= 10-4, Kb NH3 (aq) = 10-5)
8.
Dicampurkan 400 mL larutan asam lemah HA 0,9 M dengan
900 mL larutan basa lemah LOH 0,1 M (Ka HA = 10-7; Kb
LOH = 10-5)
a)
Tentukan pH larutan sebelum dicampurkan!
b)
Tentukan pH larutan setelah dicampurkan!
9.
Berapa gram HCOONa harus dilarutkan ke dalam 500 mL air
untuk membuat larutan dengan harga pH 8 + log 5 (Ka HCOOH = 10-4)?
10. Suatu
larutan asam lemah HX 0,1 M mempunyai pH = 3. Hitung pH larutan NaX 0,1 M!
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda
silang (x) pada huruf a, b, c, d dan e.
1.
Hasil pengamatan suatu percobaan sebagai berikut!
No
|
Larutan 1 M
|
Perubahan Warna
Indikator
|
pH
|
|
Lakmus Merah
|
Lakmus Biru
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
|
KCl
NH4Cl
CH3COONH3
K2CO3
CuSO4
|
Merah
Merah
Biru
Biru
Merah
|
Biru
Merah
Biru
Biru
Merah
|
7
<7
>7
>7
<7
|
Larutan-larutan
garam yang bersifat asam adalah….
a)
NH4Cl dan CuSO4
b)
CH3COONa dan K2CO3
c)
NH4Cl dan K2CO3
d)
KCl dan CH3COONa
e)
KCl dan CuSO4
2.
Dari campuran larutan di bawah ini yang menghasilkan
garam terhidrolisis sebagian dan bersifat basa adalah….
a)
50 mL HCl 0,5 M + 50 mL NaOH 0,5 M
b)
50 mL HCl 0,5 M + 50 mL NH3 0,5 M
c)
50 mL HCl 0,5 M + 100 mL NH3 0,5 M
d)
50 mL CH3COOH 0,5 M + 50 mL NH3
0,5 M
e)
50 mL CH3COOH 0,5 M + 50 mL NaOH 0,5 M
3.
Kelompok garam yang mengalami hidrolisis anionnya
adalah…
a)
NaCN, CH3COONa, NaHCO3
b)
NaCl, NH4Cl, ZnCl2
c)
NaHCO3, ZnCl2, NH4Cl
d)
NH4Cl, MgCl2, NaCN
e)
CH3COONa, NaCl, NH4Cl
4.
Pasangan senyawa berikut yang mengalami hidrolisis
total adalah….
a)
NH4Cl dan AlCl3
b)
NH4CN dan Al2(SO4)3
c)
CaCN dan CH3COONa
d)
Na2CO3 dan ZnCl2
e)
(NH4)2SO4 dan NH4CN
5.
Beberapa garam berikut.
1)
NaCN
2)
Na2SO4
3)
Na3PO4
4)
CH3COONa
5)
NH4CN
Garam yang dapat
terhidrolisis sebagian/parsial adalah…
a)
1, 2, dan 3
b)
2, 3, dan 4
c)
3, 4, dan 5
d)
1, 3, dan 4
e)
1, 3, dan 5
6.
Garam di bawah ini yang tidak mengalami hidrolisis jika
dilarutkan dalam air adalah…
a)
K2CO3
b)
K2SO4
c)
NH4Cl
d)
CH3COONa
e)
Na2CO3
7.
Air akan berubah pH-nya menjadi lebih kecil dari 7 jika
ke dalam air tersebut dilarutkan…
a)
K3PO3
b)
NaCN
c)
BaSO4
d)
NH4NO3
e)
CaCO3
8.
Garam yang bersifat basa dalam larutan adalah…
a)
BaBr2
b)
Ag2SO4
c)
K2CO3
d)
NH4I
e)
SrCl2
9.
Ke dalam 40 mL larutan HCl dengan pH = 1, ditambahkan
40 mL larutan NH3 dengan pH = 11 + log 2 (Kb NH3
(aq) = 10-5) maka didapat pH campuran sebesar…
a)
5 - log 6
b)
5 – log 3
c)
12 – log 1
d)
9 + log 3
e)
9 + log 6
10. Di
antara kelompok senyawa dibawah ini yang dapat terhidrolisis dalam air adalah…
a)
NH4Cl, NaCl, dan NaF
b)
CH3COONa, C2H5ONa, dan
HCOOK
c)
KBr, Na2SO4, dan KNO2
d)
K3PO4, NaNO2, dan CH3COONH4
e)
C6H5COONa, BaCO3, dan
CaSO3
11. Ke
dalam 250 cm3 larutan terkandung 8,2 gram CH3COONa. Jika
Ka CH3COOH = 10-5 maka pH larutan adalah…
a)
9 + log 2
b)
9 – log 2
c)
10 + log 4
d)
10 – log 4
e)
5 – log 2
12. Sebanyak
4,1 gram garam LX dilarutkan ke dalam air sehingga volume larutan 500 cm3.
jika pH larutan 9 dan Ka = 10-5, maka massa
molekul relatif garam LX adalah…
a)
820
b)
205
c)
125
d)
82
e)
76
13. Dilarutkan
0,98 gram NaCN sampai volume 125 mL. (Ka HCN = 4 x 10-10,
Ar Na = 23, C = 12, N = 14) pH larutan adalah…
a)
2 – log 3
b)
3 – log 2
c)
12 + log 3
d)
11 – log 2
e)
11 + log 2
14. Larutan
NH4CN dibuat dengan melarutkan 0,44 gram zat tersebut sampai volume
100 mL. (Ar N = 14, H = 1, C = 12, Ka HCN = 4 x 10-10, Kb
(NH3) (aq) = 10-5). pH larutan adalah…
a)
2 – log 9,5
b)
5 – log 1,6
c)
9,5 – log 2
d)
9,5 + log 2
e)
11 + log 9,5
15. Ditimbang
1,34 gram garam LX dilarutkan sampai volume 100 mL. pH larutan 8,5 dan Ka
HX = 10-4. Mr zat X adalah…
a)
268
b)
134
c)
90
d)
67
e)
60
Kuis
1.
Tentukan pH dari 100 mL larutan NH4NO3
0,9M! (Kb NH3(aq) = 10-5)!.
2.
Tentukan pH larutan dari CaSO4 0,01M!.
3.
Hitunglah pH larutan CH3COONa 0,004M, Ka
CH3COOH = 10-5!.