Silahkan

Home » » RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) (KIMIA UNSUR)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) (KIMIA UNSUR)

Written By Titinkita.blogspot.com on Kamis, 25 April 2013 | 05.40



Jenjang Pendidikan              : SMA
Mata Pelajaran                      : Kimia
Pokok Bahasan                     : Kimia Unsur
Kelas/Semester                      : XII/1
Alokasi  Waktu                      : 4x45 menit

STANDAR KOMPETENSI

3. Memahami unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam.

KOMPETENSI DASAR

3.2 Mendeskripsikan kecenderungan sifat-sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur transisi ( titik didih, titik leleh, kekerasan, waran , kelarutan , kereaktifan, dan sifat khusus lainya).

INDIKATOR PENCAPAIAN HASIL BELAJAR

3.2.3 menguraikan sifat fisik dan kimia unsur golongan alkali, alkali tanah, halogen, periode 3 dan periode 4
3.2.4 mengidentifikasi sifat-sifat unsur golongan alkali, alkali tanah, halogen, periode 3, dan periode 4 dengan percobaan

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran selesai, siswa diharapkan dapat :
Mendeskripsikan sifat fisik dan kimia unsur golongan alkali.

B.     Materi Pembelajaran

Sifat unsur golongan alkali.

C.    Metode Pembelajaran

Pembelajaran Learning cycle
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
PERTEMUAN 1
tahap
Fase
Kegiatan belajar
Pembukaan
-
~        Membuka pelajaran dengan salam, menanyakan kabar siswa dan mengecek presensi siswa.
~        Menanyakan kepada siswa tentang unsur alkali tanah, bagaimana ciri-ciri fisik yang diketahui siswa tentang logam alkali
Kegiatan inti
Engagement
~        Meminta siswa menyebutkan dan menjelaskan informasi apa saja yang diperoleh dari artikel yang mereka dapat.
~        Meminta siswa menyebutkan sifat-sifat apa yang ada pada logam alkali tanah dan apa bedanya dengan logam alkali.
~        Meminta siswa mendiskusikan sifat-sifat logam alkali tanah dalam kelompok.

Exploration
~        Meminta siswa untuk merancang percobaan untuk mengidentifikasi uji nyala logam alkali tanah.
~        Meminta siswa untuk membuat laporan dan mempresentasikan laporan hasil praktikumnya.

Explanation
~        Meminta siswa mendiskusikan uji nyala tersebut termasuk dalam sifat fisik atau kimia, dan mengapa logam alkali tanah mempunyai warna nyala yang berbeda.
~        Meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang sifat fisik dan sifat alkali tanah.

extention
~        Meminta siswa melakukan percobaan untuk mengidentifikasi logam alkali tanah.
~        Meminta siswa untuk menyimpulkan hasil percobaannya dan mempresentasikan di kelas.

evaluation
~        Meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan
Penutup

~        Mengajak siswa menyimpulkan kegiatan belajar hari ini tentang sifat fisik
~      Meminta siswa untuk mempelajari sifat-sifat kimia logam alkali tanah.
~      Menutup pelajaran dengan salam.

PERTEMUAN II
tahap
Fase
Kegiatan belajar
Pembukaan
-
~        Membuka pelajaran dengan salam, menanyakan kabar siswa dan mengecek presensi siswa.
~        Menanyakan kembali pada siswa tentang perbedaan sifat fisik dan kimia
Kegiatan inti
Engagement
~        Meminta siswa menyebutkan sifat kimia yang ada pada logam alkali tanah
~        Meminta siswa mendiskusikan sifat kimia logam alkali tanah dalam kelompok.

Exploration
~        Meminta siswa untuk merancang percobaan untuk mengidentifikasi sifat kimia logam alkali tanah.
~        Meminta siswa untuk membuat laporan dan mempresentasikan laporan hasil praktikumnya.

Explanation
~        Meminta siswa mendiskusikan mengapa logam alkali tanah mempunyai reaksi pengendapan yang berbeda-beda
~        Meminta siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang sifat kimia

extention
~        Meminta siswa melakukan percobaan untuk mengidentifikasi logam alkali tanah.
~        Meminta siswa untuk menyimpulkan hasil percobaannya dan mempresentasikan di kelas.

evaluation
~        Meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan
Penutup

~        Mengajak siswa menyimpulkan kegiatan belajar hari ini tentang sifat kimia
~      Meminta siswa untuk mempelajari kesadahan air
~      Menutup pelajaran dengan salam.

 

E.     Sumber Belajar

  1. Buku kimia yang relevan
  2. Tabel periodik
F.     Penilaian (instrumen terlampir)
  1. Kognitif
  2. Presentasi dan diskusi
  3. Psikomotorik

Soal- soal latihan
  1. Tes nyala untuk garam Cl2 memberi warna hijau. Dari data analisis tersebut tentukan nama garam Cl2 itu?
  2. Logam kalsium dapat dibuat dengan elektrolisis leburan kalsium klorida dengan elektroda grafit. Tuliskan reaksi yang terjadi?
  3. Bagaimana memisahkan ion Mg2+ dan Ca 2+ dari larutan yang mengandung ion Mg2+, Ba2+ dan Ca2+?

Prosedur percobaan uji nyala unsur golongan alkali tanah
  • Alat dan bahan
Kaca arloji                   tabung reaksi
Kawat nikrom             alat pembakar
Kristal CaCl2               Kristal SrCl2
Asam klorida pekat     Kristal BaCl2
  • Cara kerja
1.      tenpatkan kristal sampel pada kaca arloji
2.      tuangkan larutan HCl pekat dalam dua tabung reaksi
3.      celupkan kawat nikrom pada HCl dan panaskan dalam nyala bunsen
4.      celupkan kawat nikrom kembali kedalam tabung reaksi yang ke dua kemudian ke dalam kristal sampel selajutnya dipanaskan diatas nyala bunsen dan amati warna nyala yang terjadi.

Prosedur percobaan reaksi pengendapan senyawa-senyawa kalsium, strontium, dan barium
  • Alat dan bahan
Tabung reaksi              gelas ukur
Pipet tetes                   tabung reaksi
Larutan CaCl2             larutan SrCl2
Larutan BaCl2             larutan NaOH
Larutan Na2CO3          larutan Na2SO4
Larutan Na2SO4          larutan Na2C2O4
Larutan K2CrO4
  • Cara kerja
1.      masukan larutan sampel ke dalam 5 buah tabung reaksi
2.      tambahakan kedalamnya masing-masing ion OH-, CO32-,SO42-, C2O42-, CrO42-
3.      amati endapan yang terjadi
 

Lampiran 1 format penilaian diskusi

Kriteria penilaian
No
Kriteria
Bobot
Skor*
(1,2,3,4)
B X S
1
Partisipasi anggota kelompok
20


2
Pembagian Tugas
25


3
Interaksi dan argumentasi dalam membahas masalah
30


4
Manajemen waktu
25


Skor: 1=kurang, 2=cukup, 3= baik, 4=sangat baik
Kriteria no 1
skor
rubrik
1
Tidak ada partisipasi kelompok
2
Ada partisipasi kelompok tapi hanya 2 yang terlibat
3
Ada partisipasi kelopmpok tapi hanya 3 yang terlibat
4
Ada partisipasi kelompok dengan sangat baik
Kriteria no 2
skor
rubrik
1
Tidak ada pembagian tugas
2
Ada pembagian tugas tapi kurang merata,  2 orang yang aktif
3
Ada pemabagian tugas tapi kurang merata, 3 orang yang aktif
4
Ada pembagian tugas secara merata
Kriteria no 3
skor
rubrik
1
Tidak ada
2
Ada tetapi kurang fokus
3

Ada tetapi tidak sempurna

4
Ada
Kriteria no 4
skor
rubrik
1
Tidak ada
2
Ada tapi tidak tertata dengan baik
3
Ada tapi tidak dilaksanakan dengan baik
4
Ada dan berjalan dengan baik

Lampiran 2 format penilaian presentasi kelas

Kriteria penilaian
No
Kriteria
Bobot
Skor*
(1,2,3,4)
B X S
1
Sistematika pemaparan
20


2
Kemampuan menjawab pertanyaan
70


3
Manajemen waktu
10


Skor: 1=kurang, 2=cukup, 3= baik, 4=sangat baik
Kriteria no 1
skor
rubrik
1
Tidak ada
2
Ada tetapi kurang fokus
3
Ada tetapi tidak teratur dengan baik
4
Teratur dengan baik
Kriteria no 2
skor
rubrik
1
Tidak bagus
2
kurang
3
cukup
4
baik
Kriteria no 3
skor
rubrik
1
Tidak ada
2
Ada tapi tidak tertata dengan baik
3
Ada tapi tidak dilaksanakan dengan baik
4
Ada dan berjalan dengan baik

Lampiran 3 format penilaian psikomotorik (uji nyala)
Kriteria penilaian
No
Kriteria
Bobot
Skor*
(1,2,3)
B X S
1
Membersihkan alat
20


2
Pelaksanaan pengujian nyala
35


3
Cara mengamati nyala
35


Skor: 1=kurang, 2=cukup, 3= baik
Kriteria no 1
skor
rubrik
1
Tidak dilakukan
2
Dilakukan tapi tidak dilakukan pengeringan
3
Dilakukan dengan pengeringan
Kriteria no 2
skor
rubrik
1
Kawat nikrom tidak dicelupkan pada HCl
2
Kawat nikrom di celupkan pada HCl di awal saja
3
Kawat nikrom dicelupkan pada HCl setiap kali pengujian unsur yang berbeda
Kriteria no 3
skor
rubrik
1
Tidak ada dilakukan pengulangan
2
Dilakukan dua kali pengulangan
3
Dilakukan tiga kali pengulangan

Lampiran 4 format penilaian psikomotorik (pengendapan)
Kriteria penilaian
No
Kriteria
Bobot
Skor*
(1,2,3)
B X S
1
Membersihkan alat
20


2
Pelaksanaan pengujian
35


3
Cara mengamati
35


Skor: 1=kurang, 2=cukup, 3= baik
Kriteria no 1
skor
rubrik
1
Tidak dilakukan
2
Dilakukan tapi tidak dilakukan pengeringan
3
Dilakukan dengan pengeringan
Kriteria no 2
skor
rubrik
1
Pereaksi ditambahkan sekaligus
2
Pereaksi ditambahkan pertetes
3
Pereaksi ditambahkan pertetes dan dilakukan pengocokan
Kriteria no 3
skor
rubrik
1
Tidak ada dilakukan pengulangan
2
Dilakukan dua kali pengulangan
3
Dilakukan tiga kali pengulangan




Share this article :
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Adsense Indonesia
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. PIKIRAN BEBAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger