Jenjang Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Kimia
Pokok Bahasan : Kimia Unsur
Kelas/Semester : XII/1
Alokasi Waktu :
4x45 menit
STANDAR KOMPETENSI
3.
Memahami unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di
alam.
KOMPETENSI DASAR
3.2
Mendeskripsikan kecenderungan sifat-sifat fisik dan kimia unsur utama dan unsur
transisi ( titik didih, titik leleh, kekerasan, waran , kelarutan , kereaktifan,
dan sifat khusus lainya).
INDIKATOR PENCAPAIAN HASIL BELAJAR
3.2.3
menguraikan sifat fisik dan kimia unsur golongan alkali, alkali tanah, halogen,
periode 3 dan periode 4
3.2.4
mengidentifikasi sifat-sifat unsur golongan alkali, alkali tanah, halogen,
periode 3, dan periode 4 dengan percobaan
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
pembelajaran selesai, siswa diharapkan dapat :
Mendeskripsikan
sifat fisik dan kimia unsur golongan alkali.
B. Materi Pembelajaran
Sifat
unsur golongan alkali.
C. Metode Pembelajaran
Pembelajaran
Learning cycle
D.
Langkah-langkah
Pembelajaran
PERTEMUAN 1
tahap
|
Fase
|
Kegiatan belajar
|
Pembukaan
|
-
|
~
Membuka
pelajaran dengan salam, menanyakan kabar siswa dan mengecek presensi siswa.
~
Menanyakan
kepada siswa tentang unsur alkali tanah, bagaimana ciri-ciri fisik yang
diketahui siswa tentang logam alkali
|
Kegiatan inti
|
Engagement
|
~
Meminta siswa menyebutkan
dan menjelaskan informasi apa saja yang diperoleh dari artikel yang mereka
dapat.
~
Meminta siswa menyebutkan
sifat-sifat apa yang ada pada logam alkali tanah dan apa bedanya dengan logam
alkali.
~
Meminta siswa
mendiskusikan sifat-sifat logam alkali tanah dalam kelompok.
|
Exploration
|
~
Meminta siswa
untuk merancang percobaan untuk mengidentifikasi uji nyala logam alkali
tanah.
~
Meminta siswa
untuk membuat laporan dan mempresentasikan laporan hasil praktikumnya.
|
|
Explanation
|
~
Meminta siswa
mendiskusikan uji nyala tersebut termasuk dalam sifat fisik atau kimia, dan
mengapa logam alkali tanah mempunyai warna nyala yang berbeda.
~
Meminta siswa
mempresentasikan hasil diskusi tentang sifat fisik dan sifat alkali tanah.
|
|
extention
|
~
Meminta siswa melakukan
percobaan untuk mengidentifikasi logam alkali tanah.
~
Meminta siswa
untuk menyimpulkan hasil percobaannya dan mempresentasikan di kelas.
|
|
evaluation
|
~
Meminta siswa
untuk mengerjakan soal-soal latihan
|
|
Penutup
|
~
Mengajak siswa
menyimpulkan kegiatan belajar hari ini tentang sifat fisik
~ Meminta siswa untuk mempelajari sifat-sifat kimia
logam alkali tanah.
~ Menutup pelajaran dengan salam.
|
PERTEMUAN II
tahap
|
Fase
|
Kegiatan belajar
|
Pembukaan
|
-
|
~
Membuka
pelajaran dengan salam, menanyakan kabar siswa dan mengecek presensi siswa.
~
Menanyakan kembali
pada siswa tentang perbedaan sifat fisik dan kimia
|
Kegiatan inti
|
Engagement
|
~
Meminta siswa
menyebutkan sifat kimia yang ada pada logam alkali tanah
~
Meminta siswa
mendiskusikan sifat kimia logam alkali tanah dalam kelompok.
|
Exploration
|
~
Meminta siswa
untuk merancang percobaan untuk mengidentifikasi sifat kimia logam alkali
tanah.
~
Meminta siswa
untuk membuat laporan dan mempresentasikan laporan hasil praktikumnya.
|
|
Explanation
|
~
Meminta siswa
mendiskusikan mengapa logam alkali tanah mempunyai reaksi pengendapan yang
berbeda-beda
~
Meminta siswa
mempresentasikan hasil diskusi tentang sifat kimia
|
|
extention
|
~
Meminta siswa
melakukan percobaan untuk mengidentifikasi logam alkali tanah.
~
Meminta siswa
untuk menyimpulkan hasil percobaannya dan mempresentasikan di kelas.
|
|
evaluation
|
~
Meminta siswa
untuk mengerjakan soal-soal latihan
|
|
Penutup
|
~
Mengajak siswa
menyimpulkan kegiatan belajar hari ini tentang sifat kimia
~ Meminta siswa untuk mempelajari kesadahan air
~ Menutup pelajaran dengan salam.
|
E. Sumber Belajar
- Buku kimia yang relevan
- Tabel periodik
F.
Penilaian
(instrumen terlampir)
- Kognitif
- Presentasi dan diskusi
- Psikomotorik
Soal- soal latihan
- Tes nyala untuk garam Cl2 memberi warna hijau. Dari data analisis tersebut tentukan nama garam Cl2 itu?
- Logam kalsium dapat dibuat dengan elektrolisis leburan kalsium klorida dengan elektroda grafit. Tuliskan reaksi yang terjadi?
- Bagaimana memisahkan ion Mg2+ dan Ca 2+ dari larutan yang mengandung ion Mg2+, Ba2+ dan Ca2+?
Prosedur percobaan uji
nyala unsur golongan alkali tanah
- Alat dan bahan
Kaca
arloji tabung reaksi
Kawat
nikrom alat pembakar
Kristal
CaCl2 Kristal
SrCl2
Asam
klorida pekat Kristal BaCl2
- Cara kerja
1.
tenpatkan kristal
sampel pada kaca arloji
2.
tuangkan larutan
HCl pekat dalam dua tabung reaksi
3.
celupkan kawat
nikrom pada HCl dan panaskan dalam nyala bunsen
4.
celupkan kawat
nikrom kembali kedalam tabung reaksi yang ke dua kemudian ke dalam kristal
sampel selajutnya dipanaskan diatas nyala bunsen dan amati warna nyala yang
terjadi.
Prosedur
percobaan reaksi pengendapan senyawa-senyawa kalsium, strontium, dan barium
- Alat dan bahan
Tabung
reaksi gelas ukur
Pipet
tetes tabung reaksi
Larutan
CaCl2 larutan SrCl2
Larutan
BaCl2 larutan NaOH
Larutan
Na2CO3 larutan
Na2SO4
Larutan
Na2SO4 larutan
Na2C2O4
Larutan
K2CrO4
- Cara kerja
1.
masukan larutan
sampel ke dalam 5 buah tabung reaksi
2.
tambahakan
kedalamnya masing-masing ion OH-, CO32-,SO42-,
C2O42-, CrO42-
3.
amati endapan
yang terjadi
Lampiran 1 format penilaian diskusi
Kriteria penilaian
No
|
Kriteria
|
Bobot
|
Skor*
(1,2,3,4)
|
B X S
|
1
|
Partisipasi anggota
kelompok
|
20
|
||
2
|
Pembagian Tugas
|
25
|
||
3
|
Interaksi dan argumentasi
dalam membahas masalah
|
30
|
||
4
|
Manajemen waktu
|
25
|
Skor: 1=kurang, 2=cukup, 3=
baik, 4=sangat baik
Kriteria no 1
skor
|
rubrik
|
1
|
Tidak ada partisipasi kelompok
|
2
|
Ada partisipasi kelompok tapi hanya 2 yang terlibat
|
3
|
Ada partisipasi kelopmpok tapi hanya 3 yang terlibat
|
4
|
Ada partisipasi kelompok dengan sangat baik
|
Kriteria no 2
skor
|
rubrik
|
1
|
Tidak ada pembagian tugas
|
2
|
Ada pembagian tugas tapi kurang merata, 2 orang yang aktif
|
3
|
Ada pemabagian tugas tapi kurang merata, 3 orang yang
aktif
|
4
|
Ada pembagian tugas secara merata
|
Kriteria no 3
skor
|
rubrik
|
1
|
Tidak ada
|
2
|
Ada tetapi kurang fokus
|
3
|
Ada tetapi tidak sempurna |
4
|
Ada
|
Kriteria no 4
skor
|
rubrik
|
1
|
Tidak ada
|
2
|
Ada tapi tidak tertata dengan baik
|
3
|
Ada tapi tidak dilaksanakan dengan baik
|
4
|
Ada dan berjalan dengan baik
|
Lampiran 2 format penilaian presentasi kelas
Kriteria penilaian
No
|
Kriteria
|
Bobot
|
Skor*
(1,2,3,4)
|
B X S
|
1
|
Sistematika pemaparan
|
20
|
||
2
|
Kemampuan menjawab
pertanyaan
|
70
|
||
3
|
Manajemen waktu
|
10
|
Skor: 1=kurang, 2=cukup, 3=
baik, 4=sangat baik
Kriteria no 1
skor
|
rubrik
|
1
|
Tidak ada
|
2
|
Ada tetapi kurang fokus
|
3
|
Ada tetapi tidak teratur dengan baik
|
4
|
Teratur dengan baik
|
Kriteria no 2
skor
|
rubrik
|
1
|
Tidak bagus
|
2
|
kurang
|
3
|
cukup
|
4
|
baik
|
Kriteria no 3
skor
|
rubrik
|
1
|
Tidak ada
|
2
|
Ada tapi tidak tertata dengan baik
|
3
|
Ada tapi tidak dilaksanakan dengan baik
|
4
|
Ada dan berjalan dengan baik
|
Lampiran 3 format
penilaian psikomotorik (uji nyala)
Kriteria penilaian
No
|
Kriteria
|
Bobot
|
Skor*
(1,2,3)
|
B X S
|
1
|
Membersihkan alat
|
20
|
||
2
|
Pelaksanaan pengujian nyala
|
35
|
||
3
|
Cara mengamati nyala
|
35
|
Skor: 1=kurang, 2=cukup, 3=
baik
Kriteria no 1
skor
|
rubrik
|
1
|
Tidak dilakukan
|
2
|
Dilakukan tapi tidak dilakukan pengeringan
|
3
|
Dilakukan dengan pengeringan
|
Kriteria no 2
skor
|
rubrik
|
1
|
Kawat nikrom tidak dicelupkan pada HCl
|
2
|
Kawat nikrom di celupkan pada HCl di awal saja
|
3
|
Kawat nikrom dicelupkan pada HCl setiap kali pengujian
unsur yang berbeda
|
Kriteria no 3
skor
|
rubrik
|
1
|
Tidak ada dilakukan pengulangan
|
2
|
Dilakukan dua kali pengulangan
|
3
|
Dilakukan tiga kali pengulangan
|
Lampiran 4 format
penilaian psikomotorik (pengendapan)
Kriteria penilaian
No
|
Kriteria
|
Bobot
|
Skor*
(1,2,3)
|
B X S
|
1
|
Membersihkan alat
|
20
|
||
2
|
Pelaksanaan pengujian
|
35
|
||
3
|
Cara mengamati
|
35
|
Skor: 1=kurang, 2=cukup, 3=
baik
Kriteria no 1
skor
|
rubrik
|
1
|
Tidak dilakukan
|
2
|
Dilakukan tapi tidak dilakukan pengeringan
|
3
|
Dilakukan dengan pengeringan
|
Kriteria no 2
skor
|
rubrik
|
1
|
Pereaksi ditambahkan sekaligus
|
2
|
Pereaksi ditambahkan pertetes
|
3
|
Pereaksi ditambahkan pertetes dan dilakukan pengocokan
|
Kriteria no 3
skor
|
rubrik
|
1
|
Tidak ada dilakukan pengulangan
|
2
|
Dilakukan dua kali pengulangan
|
3
|
Dilakukan tiga kali pengulangan
|