Silahkan

Home » » PROSES PENGOLAHAN MINYAK BUMI

PROSES PENGOLAHAN MINYAK BUMI

Written By Titinkita.blogspot.com on Kamis, 23 Mei 2013 | 20.30


Minyak bumi terdiri dari senyawa hidrokarbon berantai panjang dan mengandung berbagai macan alkana yang berbeda jumlah atom C-nya (fraksi). Perbedaan jumlah atom C mengakibatkan perbedaan pada titik didihnya. Proses pengolahan minyak bumi menggunakan destilasi bertingkat. Prinsip pengolahannya adalah minyak mentah dipanaskan melalui tanur pemanasan, kemudian minyak dialirkan ke kolom fraksional sehingga sebagian minyak menguap dan begerak ke atas melalui melalui sengkup gelembung gas. Senyawa dengan rantai panjang akan mencair dan mengalir melalui pelat sehingga terpisah dari fraksi lain. Demikian seterusnya sampai semua fraksi minyak bumi terpisah.
Gambar ini memperlihatkan proses distilasi (penyulingan) minyak mentah yang berlangsung di Kolom Distilasi.
Tahap awal proses pengilangan berupa proses distilasi (penyulingan) yang berlangsung di dalam Kolom Distilasi Atmosferik dan Kolom Distilasi Vacuum. Di kedua unit proses ini minyak mentah disuling menjadi fraksi-fraksinya, yaitu gas, distilat ringan (seperti minyak bensin), distilat menengah (seperti minyak tanah, minyak solar), minyak bakar (gas oil), dan residu. Pemisahan fraksi tersebut didasarkan pada titik didihnya.
Kolom distilasi berupa bejana tekan silindris yang tinggi (sekitar 40 m) dan di dalamnya terdapat tray-tray yang berfungsi memisahkan dan mengumpulkan fluida panas yang menguap ke atas. Fraksi hidrokarbon berat mengumpul di bagian bawah kolom, sementara fraksi-fraksi yang lebih ringan akan mengumpul di bagian-bagian kolom yang lebih atas. Fraksi-fraksi hidrokarbon yang diperoleh dari kolom distilasi ini akan diproses lebih lanjut di unit-unit proses yang lain, seperti: Fluid Catalytic Cracker, dll.

Fraksi-fraksi Minyak Bumi dan Kegunaannya
Minyak bumi akan menghasilkan fraksi-fraksi yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun hasi fraksi minyak bumi beserta kegunaannya disajikan dalam bentuk tabel berikut.
Fraksi Minyak Bumi
Jumlah atom C
Trayek titik didih (0C)
Kegunaan
Gas alam
1 – 4
(-166 – 30)
Bahan bakar LPG
Petroleum eter
5 – 6
30 - 90
Pelarut, dry cleaning
Bensin
6 – 12
85 – 200
Bahan bakar motor
Kerosin
12 – 15
175 – 300
Bahan bakar kompor
Solar
15 – 18
300 – 400
Bahan bakar mesin diesel
Minyak pelumas
18 – 24
> 400
Pelumas
Lilin
21 – 40
-
Penerangan
Aspal
> 40
-
Pengeras jalan raya
Share this article :
0 Comments
Tweets
Komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Adsense Indonesia
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. PIKIRAN BEBAS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger