Nama Sekolah : SMA 1 Banyuwangi
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XII / I
Materi Pokok :
Perhitungan Sifat Koligatif Larutan
Standar Kompetensi: 1. Mendeskripsikan sifat-sifat larutan, metode pengukuran
dan terapannya
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan
penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan
tekanan osmotic termasuk sifat koligatif larutan
Indikator :
·
Mengamati penurunan titik beku
suatu zat cair akibat penambahan zat telarut melalui percobaan
·
Menghitung penurunan titik beku larutan.
Alokasi waktu :
2 x 45 menit
Tujuan Pembelajaran:
Setelah pembelajaran ini selesai, siswa
diharapkan dapat:
§
Menjelaskan pengaruh zat terlarut terhadap titik beku larutan
§
Menghitung penurunan titik beku larutan elektrolit dan non-elektrolit
Materi Pembelajaran:
§
Pengaruh zat terlarut terhadap
penurunan titik beku.
Metode Pembelajaran:
§
Diskusi dan tanya jawab
§
Penggalian informasi
Strategi Pembelajaran :
§
Praktikum dengan metode inkuri
terbimbing
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan guru |
Alokasi waktu
(menit)
|
§ Pendahuluan
Guru memberi salam dan
mempresensi siswa
§ Menggali pengetahuan awal siswa dengan
mengajukan pertanyaan tentang: pembuatan es putar. Apa sajakah yang
diperlukan dalam pembuatan es putar tersebut ?Apakah kalian pernah melihat
pembuatan es putar ? Apa yang dapat kalian amati dari kejadian itu ? mengapa orang membuat es putar
memerlukan penambahan garam sebagai pendingin?
§ Guru sambil menunjukkan gambar proses
pembuatan es putar dan beberapa contoh yang lain.
§ Baiklah kita akan membahas itu semua dalam
pertemuan kali ini.
|
10’
|
§ Kegiatan Inti
Pemberian masalah
§ Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
Baik, sekarang perhatikan. Disini ada beberapa buah beaker glass yang berisi
larutan gula, garam dan air murni, kita ingin mengetahui diantara ketiganya
manakah yang lebih cepat membeku ?
§ Guru meminta siswa, untuk memperhatikan dan
menyebutkan peralatan dan bahan yang digunakan untuk kegiatan praktikum kali
ini ?.
§ Nah sekarang coba kalian rancang prosedur
pelaksanaan praktikum yang sesuai bagaimana ? Coba kalian buka LKS kalian dan
susunlah dengan baik dan tepat.
Penyusunan Hipotesis
§ Sebelum menguji larutan tersebut, coba
kalian buat hipotesis yang mungkin terjadi. Kemudian kalian tuliskan di papan
tulis ! Apakah yang terjadi apabila larutan gula, larutan garam dan air
dimasukkan dalam es batu.
Melakukan Percobaan
§ Silakan
kalian mulai percobaannya dan menjawab pertanyaan yang ada di LKS setelah itu
kalian presentasikan jawaban kalian.
Analisis Data
§ Nah anak-anak larutan mana yang cepat
mengalami proses pembekuan ? Mengapa larutan itu yang paling cepat membeku ?
Coba kalian jelaskan ?
Evaluasi Hipotesis
§ Jadi bagaimanakah hipotesis yang kalian
kemukakan?
Pengambilan Keputusan
Tahap Pengetesan
§ Guru memberikan soal kuis kepada masing-masing siswa dan guru memberikan
kesempatan siswa untuk mengerjakan kuis secara individu.
§ Guru meminta siswa untuk mengumpulkan jawaban kuis.
|
35 ’
|
§ Penutup
§ Guru meminta siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah dipelajari.
§ Sebelum mengakhiri pelajaran, guru
menyampaikan rencana pelajaran yang akan datang dengan tujuan agar siswa
mempersiapkan diri sebelumnya dengan belajar di rumah.
§ Guru mengakhiri pembelajaran dan memberi salam.
|
5’
|
Sumber Belajar
1.
Buku Kimia
2.
LKS
3.
Bahan ajar
Penilaian (instrumen terlampir)
1. Kuis
2. Presentasi
dan diskusi
3. Laporan
tugas
Malang,
...........................
Mengetahui Guru
Matapelajaran Kimia
....................................
.............................................
Percobaan 2
Penurunan Titik Beku
Tujuan : Mengamati penurunan titik
beku larutan akibat pengaruh penambahan zat terlarut.
Alat
|
Bahan
|
Cara Kerja :
1.
Masukkan
tabung reaksi tersebut ke dalam campuran pendingin tadi. Amati suhu aquades
dengan termometer sambil sesekali diaduk sampai membeku
2.
Memasukkan ke dalam berturut-turut
potongan-potongan kecil es batu hingga ¾ tinggi gelas beaker glass 400 mL dan
10 sendok teh garam dapur.
3.
Aduk
campuran es batu dan garam dapur tersebut dan gunakan campuran ini campuran
pendingin.
4.
Siapkan
tabung reaksi yang berisi aquades setinggi 2-3 cm
5.
Amati dan catatan perubahan suhu aquades di
dalam tabung reaksi setiap 15 detik sampai es mencair.
6.
Setelah suhu tidak turun lagi lagi, angkat
tabung reaksi dari campuran pendingin
Mengganti air murni dengan larutan garam atau
gula.
A. Hasil Pengamatan
- Perubahan Suhu
No.
|
Larutan
|
Pembacaaan suhu
(ºC) pada Detik ke-
|
|||||||||||
15
|
30
|
45
|
60
|
75
|
90
|
105
|
120
|
135
|
150
|
165
|
180
|
||
1.
|
Aquades
|
||||||||||||
2.
|
Gula
|
||||||||||||
3.
|
Garam
|
- Penurunan Titik Beku Larutan
No.
|
Larutan
|
Titik Beku (ºC)
|
Selisih Titik
Beku Larutan dan Air (ΔTf)
(ºC)
|
Larutan Air
|
|||
1.
|
Gula
|
||
2.
|
Garam
|
Pertanyan:
- Apakah pengaruh zat terlarut terhadap penurunan titik beku ?
- Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari !
Kuis
- Bagaimana besarnya molalitas terhadap kenaikan titik beku untuk larutan yang sama ?
- Bagaimana pengaruh jenis zat (elektrolit dan non elektrolit) terhadap titik beku larutan dengan molalitas yang sama?
- Jika ke dalam 200 mL air dimasukkan 0,2 mol glukosa, tentukan penurunan titik beku larutan (Kf air = 1,86 ).
- tentukan jumlah urea (Mr = 60 ) yang harus dilarutkan dalam 250 gram air agar titik beku air turun sebesar 0,248! (Kf = 1,86).