1. Siswa mencoba menjawab setiap
pertanyaan untuk menguji pengetahuan awalnya dan memunculkan rasa ingin tahunya
untuk persiapan masuk ke fase selanjutnya.
Exploration
1. Siswa mengikuti dan menjawab
setiap pertanyaan hipotesis yang disediakan secara teratur.
2. Jika berupa percobaan, hal yang
dilakukan siswa antara lain:
a) Siswa membentuk kelompok dan
berusaha bekerja dalam kelompok.
b) Siswa melakukan pengamatan,
mengumpulkan data, diskusi dengan kelompoknya dan membuat suatu kesimpulan.
Explanation
1. Siswa membaca dan memahami
teori yang diuraikan.
2. Siswa mencocokkan data hasil
pengamatan dan kesimpulan fase sebelumnya dengan penjelasan teori/konsep yang
ada.
Elaboration
1. Siswa menerapkan konsep dan keterampilan
untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan dalam situasi baru, menggunakan
label dan definisi formal dalam menyelesaikan semua pertanyaan yang ada.
2. Siswa membandingkan hasil jawaban dengan kunci
jawaban yang sudah disediakan di bagian akhir dari modul ini dan menghitung skor akhir atau
tingkat penguasaan dalam Umpan Balik.
Evaluation
1. Siswa menguji kelayakan
pemahaman mereka dengan menjawab semua pertanyaan yang ada.
2. Siswa mengevaluasi belajarnya
sendiri dengan mencocokkan hasil
jawaban dengan kunci jawaban yang sudah disediakan sehingga dapat diketahui
tingkat pemahamannya terhadap tiap kegiatan belajar secara keseluruhan
(penilaian proses hasil belajar secara keseluruhan).
3. Siswa menghitung skor akhir
atau tingkat penguasaan dalam Umpan Balik.